Jurnal Refleksi
Dwi Mingguan Modul 3.2 Pemimpin Dalam Pengelolaan Sumberdaya
Model
4F (Facts, Feelings, Findings, Future).
1. Fact
(Peristiwa)
Pada minggu ini, saya telah
mengikuti kegiatan pembelajaran modul 3.2 sub modul 3.2.a.7 Elaborasi
Pemahaman- Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, 3.2.a.8 Koneksi Antar
Materi- Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya, dan 3.2.a.9 Aksi Nyata-
Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya. Pada ruang elaborasi, CGP menonton
video, menuliskan hal-hal menarik yang ditemukan dari video berhubungan dengan
materi pemimpin pembelajaran dalam pengelolaan sumber daya serta peran CGP
sebagai pemimpin dalam video tersebut. Selain itu CGP mengikuti materi secara
daring bersama instruktur Ibu Dianindah untuk memperdalam pemahaman mengenai
modul 3.2. Kemudain CGP diminta membuat koneksi antar materi modul 3.2 yang
dikaitkan dengan modul 1, 2, dan sub modul 3.2. Diminta membuat sintesis
berbagai materi. CGP diberikan tantangan untuk membuat kesimpulan dan juga
koneksi antara semua materi yang telah diberikan dalam modul ini dengan
materi lainnya selama mengikut proses Pelatihan Guru Penggerak.Membuat kesimpulan
tentang apa yang dimaksud dengan ‘Pemimpin Pembelajaran dalam
Pengelolaan Sumber Daya’ dan bagaimana CGP bisa
mengimplementasikannya di dalam kelas, sekolah, dan masyarakat sekitar
sekolah. Menjelaskan dan memberi contoh bagaimana hubungannya pengelolaan
sumber daya yang tepat akan membantu proses pembelajaran murid menjadi
lebih berkualitas. Memberi contoh bagaimana materi ini juga berhubungan
dengan materi lain yang CGP dapatkan sebelumnya selama mengikuti proses
Pelatihan Guru Penggerak.Menceritakan pula bagaimana hubungan antara sebelum
dan sesudah CGP mengikuti pelatihan terkait modul ini, serta pemikiran apa
yang sudah berubah di diri CGP setelah Anda mengikuti proses pembelajaran dalam
modul ini.mengkoomunikasikan hasil kesimpulan CGP dengan cara apapun yang
bisa CGP pilih sendiri. Mengunggah bagan pada LMS.Selain itu juga diminta
membuat prakarsa perubahan dengan model BAGJA. Pada minggu ini adalah akhir
dari pembelajaran pada modul 3.2 yang tutup pada kegiatan LMS yaitu aksi nyata.
Setelah melakukan pembelajaran
bersama instruktur, membuat koneksi antar materi, dan rencana aksi nyata berupa
prakarsa perubahan, saya merasa sangat tertantang dan semangat.
Saya mencoba melakukan refleksi
berdasarkan pengalaman belajar yang telah dilalui dan membuat kesimpulan dengan
pendampingan fasilitator. Saya melakukan refleksi dan metakognisi terhadap
proses pembelajaran yang telah kami lalui dan menggunakan pemahaman baru untuk
memperbaiki proses pembelajaran yang diampu. Saya sangat senang melakukan
refleksi agar dapat merenung, mengingat kembali, dan melakukan pendalaman
materi berdasarkan pengalaman belajar yang telah dilalui. Proses melakukan
refleksi dan membuat kesimpulan ini didorong melalui pendampingan dan
pertanyaan-pertanyaan melalui LMS yang selalu kami selesaikan dengan penuh
tanggung jawab.
3.
Finding (Pembelajaran yang Didapat)
Pada minggu ini belajar banyak
tentang Pendekatan berbasis aset. Pendekatan berbasis aset merupakan cara
praktis menemukan dan mengenali hal-hal positif dalam kehidupan dengan
menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir. Kita diajak fokus pada apa yang
bekerja yang menjadi inspirasi, kekuatan atau potensi yang positif. ABCD
merupakan kerangka kerja yang dikembangkan oleh John McKnight dan Jody Kretzmann.
Pendekatan ini dibangun dari kemampuan, pengalaman, pengetahuan, dan hasrat
yang dimiliki oleh anggota komunitas, kekuatan perkumpulan lokal, dan dukungan
positif dari lembaga lokal untuk menciptakan kehidupan komunitas yang
berkelanjutan.
4.
Future (Penerapan ke Depan)
Setelah mengikuti proses
pembelajaran pada minggu ini saya akan mencoba menerapkan pengetahuan yang saya
miliki dalam menyusun rencana program pembelajaran di kelas saya. Saya
akan selalu menerapkan pendekatan berbasis aset karena melalui pendekatan ini
memberi nilai lebih pada kapasitas, kemampuan, pengetahuan, jaringan, dan
potensi yang dimiliki oleh komunita. Selain itu pendekatan ini berfokus
pada potensi aset atau sumber daya yang dimiliki oleh sebuah komunitas.
Pendekatan berbasis aset merupakan cara praktis menemukan dan mengenali hal-hal
positif dalam kehidupan dengan menggunakan kekuatan sebagai tumpuan berpikir
kita diajak fokus pada apa yang bekerja yang menjadi inspirasi kekuatan atau
potensi yang positif.
0 komentar:
Post a Comment