Home » » JURNAL REFLESI DWIMINGGUAN MODUL 3.1. PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN

JURNAL REFLESI DWIMINGGUAN MODUL 3.1. PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN

JURNAL REFLESI DWIMINGGUAN

MODUL 3.1 PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBAJIKAN SEBAGAI PEMIMPIN

Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future).

1.       Fact (Peristiwa)

Pada Minggu, CGP sudah mulai melanjutkan pembelajaran baru yaitu mulai mempelajari modul 3.1 pengambilan keputusan berbasis nilai-nilai kebajikan sebagai pemimpin setelah 1 bulan vakum. Pembelajarn seperti biasa dimulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontektual, elaborasi pemahaman, koneksi antarmateri dan aksi nyata. Selain itu sudah mulai pendampingan individu (PI 4) oleh penfajar praktek.

Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran memerlukan panduan yang menuntun dalam mengambil keputusan dilemma etika/bujukan moral.  Dalam menambah wacana tentang bagaimana pengambilan keputusan yang bersifat dilemaetika, CGP diberi kesempatan mewawancai 2-3 kepala sekolah selanjutnya melakukan analisi dan refleksi hasil wawancara dengan para kepala sekolah apakah sudah sesuai dengan 4 paradgma, 3 prinsip dan 9 langkah pengambilan keputusan.

2.       Feeling (Perasaan yang Dialami)

Perasaan saya pastinya sangat senang mendapat pengalaman belajar baru yang bermanfaat bagi saya dalam mengambil suatu keputusan baik sebagai guru terhadap muris, terhadap teman guru lain pada persoalan-persoalan yang berisifat dilemma etika. Selain itu melalui wawancara dengan 2 kepala sekolah yang saya lakukan dapat menambah dan melatih saya bagaimana melakukan komunikasi yang efektid dan pengambilan suatu keputusan yang bertanggungjawab dan pastinya berpihak pada murid.

3.       Finding (Pembelajaran yang Didapat)

Saya sudah mempelajari cara membedakan dilema etika/ ethical dilemma dengan bujukan moral/ moral temptation. Saya juga belajar mengidentifikasi jenis dilema berdasarkan 4 paradigma, baik dilema yang dihadapi orang lain maupun diri sendiri yaitu Individu lawan masyarakat (individual vs community); Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy) ; Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty) ; dan Jangka pendek lawan jangka panjang (short term vs long term).

Saya juga telah mempelajari 3 prinsip pengambilan keputusan yaitu (Berpikir Berbasis Hasil Akhir (Ends-Based Thinking); Berpikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking); dan Berpikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking) untuk menghadapi dilema etika.

Saya mengetahui 9 Konsep Pengambilan dan Pengujian Keputusan, yaitu: 1) Mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan, 2) Menentukan siapa yang terlibat dalam situasi ini, 3) Kumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi ini, 4) Pengujian benar atau salah, 5) Pengujian Paradigma Benar lawan Benar, 6) Melakukan Prinsip Resolusi, 7) Investigasi Opsi Trilema, 8) Buat Keputusan,dan 9) Lihat lagi Keputusan dan Refleksikan. 

4.       Future (Penerapan ke Depan)

Setelah melakukan pembelajaran pengambilan keputusan, selanjutnya untuk mengasah ketrampilan tentang penerapan paradigma, prinsip dan Langkah-langkah pengambilan keputusan saya berusaha melatih diri dengan menerapkannya dingkungan kelas  dan sekolah tempat saya mengajar. Dengan demikian akan menjadi pembiasaan manakala saya diberikan kesempatan sebagai pemimpin.

 

  

0 komentar:

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *